Jenis Keanggotaan

Sesuai dengan AD/ART PAKKI, sistem keanggotaan yang dimiliki oleh PAKKI antara lain:

Anggota Penuh

Seorang Anggota Penuh adalah seorang lulusan lembaga pendidikan tinggi terakreditasi memegang:

  1. Gelar sarjana bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Kesehatan Masyarakat peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, pengalaman minimum 5 (lima) tahun dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir sebagaimana ditentukan oleh PAKKI
  2. Pendidikan Magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja penuh waktu untuk salah satu disiplin yang disebutkan di atas dapat diterima dengan pengalaman minimum 3 (tiga) tahun dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam kurun waktu 7 (tujuh) tahun terakhir sebagaimana ditentukan oleh PAKKI.
  3. Seorang anggota penuh dapat menjadi Pengurus maupun Pengawas, terlibat dalam kepanitiaan, memiliki hak suara untuk memilih dan dipilih sebagaimana ditentukan oleh PAKKI.

Anggota Muda

  1. Seorang Anggota Muda adalah seorang lulusan dari lembaga pendidikan tinggi terakreditasi, memegang gelar diploma bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau Kesehatan Masyarakat peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dengan pengalaman minimum 5 (lima) tahun dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir sebagaimana ditentukan oleh IIHA.
  2. Seorang anggota Muda dapat duduk di kepanitiaan dan memiliki hak suara, namun tidak dapat dipilih untuk menjadi Pengurus maupun Pengawas dari PAKKI.

Anggota Mahasiswa

  1. Seorang mahasiswa penuh waktu di tingkat sarjana atau pascasarjana dapat menjadi Anggota Mahasiswa dengan permohonan disertai pengajuan satu kali surat konfirmasi dari Pembimbing Akademik tentang statusnya sebagai mahasiswa penuh waktu. Selain itu, gelar sarjana atau pascasarjana mengambil setidaknya setengah dari jumlah SKS yang diperlukan untuk status mahasiswa sarjana/pascasarjana penuh waktu juga dapat menjadi anggota Mahasiswa dengan permohonan disertai pengajuan satu kali surat konfirmasi dari Pembimbing Akademik tentang jumlah SKS.
  2. Seorang anggota Mahasiswa tidak memiliki hak suara atau dipilih menjadi anggota Pengurus maupun Pengawas, namun dapat duduk dalam kepanitiaan PAKKI.

Anggota Luar Biasa

  1. Pendidikan K3 dan pengalaman kurang dari 5 tahun atau pendidikan Non K3 dan memiliki pengalaman minimal 5 tahun dalam kurun waktu 10 tahun
  2. Anggota Luar Biasa memiliki hak memilih namun tidak dapat dipilih menjadi pengurus/pengawas, dapat terlibat di kepanitaan.

Anggota Kehormatan

  1. Dewan Pengurus Pusat dapat memilih Anggota Kehormatan yang mendedikasikan dirinya dalam bidang ilmiah yang berkaitan erat dan atau yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap profesi higiene industri atau keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan.
  2. Keanggotaan Kehormatan dianggap sebagai murni kehormatan dan tidak memerlukan iuran.
  3. Seorang anggota Kehormatan tidak memiliki hak suara, dipilih menjadi anggota Pengurus maupun Pengawas, atau duduk di kepanitiaan PAKKI