Tentang PAKKI

     

 

Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia

Pada tanggal 23 November 2013, telah terbentuk organisasi profesi yang diberi nama Perhimpunan Profesional Manajemen Kesehatan Kerja Indonesia (PPMKKI) periode tahun 2013 s.d 2018, yang berfungsi untuk memberdayakan para profesional manajemen kesehatan kerja dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk para pekerja baik yang bekerja di institusi pemerintah maupun di bidang swasta. Pada bulan November 2015, nama PPMKKI dirubah dalam Musyawarah Luar Biasa menjadi Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia. Dengan berlandaskan filosofi yang sama dan melihat bahwa profesi ahli kesehatan kerja merupakan bagian utama dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja maka diusulkan bahwa PAKKI akan diperluas ruang lingkupnya ke dalam Organiasi Profesi Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

PAKKI adalah Perhimpunan Ahli Kesehatan Kerja Indonesia merupakan suatu organisasi yang terdiri dari ahli kesehatan kerja baik yang memilki dasar pendidikan K3/Kesehatan Kerja atau yang sudah memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan kerja. Tujuan didirikannya PAKKI adalah:

  • PAKKI mempunyai tugas pokok bersama pemerintah sebagai regulator dengan fungsi sertifikasi dan memfasilitasi registrasi lisensi
  • PAKKI mempunyai tugas pokok sebagai penata keahlian dengan fungsi menata organisasi, pendidikan dan pelatihan, pelayanan ahli kesehatan kerja, pengembangan hubungan masyarakat dan kerja sama berbagai pihak.
  • PAKKI mempunyai tugas pokok sebagai fasilitator dalam merespons peningkatan kesejahteraan; dengan fungsi fasilitasi pengembangan karir, sistem penghargaan; dan pelaksanaan hak hukum

PAKKI diharapkan mampu menjadi wadah untuk pengembangan kompetensi Profesi Ahli Kesehatan Kerja Indonesia dan menjadi badan pendampingan pengembangan ilmu K3 baik dari sisi research maupun praktikal dengan mengandengi universitas maupun institusi kesehatan/industri.